RSS Feed

pendidikan

Nama      : Irpan

Nim         : 07 311 291

Jurusan    : Tarbiyah

Prodi       : PAI-5

  1. Belajar adalah :perubahan tingkah laku baik yang menyangkut pengetahuan,ketermapilan,sikap,bahkan meliputi segenap aspek pribadi. Pembelajaran adalah: kegiatan belajar siswa dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran dan juga sebagai inti proses pembelajaran.perubahan tersebut bersifat internasional.
  2. Tujuan pembelajaran,

Adapun tujuan pembelajaran yang praktis merumuskan petunjuk,yakni:

  1. formulasikan dalambentukyang operasional
  2. rumuskan dalam bentuk produk belajar,bukan proses belajar
  3. rumuskan dalam tingkah laku siswa bukan prilaku guru
  4. rumuskan standar prilaku yang akan di capai
  5. hanya mengandung satu tujuan belajar
  6. rumuskan dalam kondisi mana prilaku itu terjadi

Tujuan pembelajaran khusus merupakan penjabaran dari tujuan pembelajaran umum. Dan dalamtujuan ini seorang guru harus menyusun rencana pengajaran

  1. Aspek koknitif : a.) Pengetahuan,yakni menyebutkan,mengidentifikasi.

b.) Pemahaman,yakni menjelaskan,menguraikan.

c.) Menerapkan,yaknimenghitung,menghubungkan.

d.) Analisis,yakni memisahkan,menerima.

e.) Sintesis,yakni mengkategorikan,mengkombinasikan.

  1. Aspek afektif :    a.) Penerimaan,yakni menanyakan,memilih.

b.) Partisifasi,yaknimelaksanakan,melaporkan.

c.) Penilaian,yakni menunjukkan,menyatakanpendapat.

d.) Organisas,yakni merumuskan,mengaitkan

e.) Pembentukan pola hidup,yakni bertindak,memperaktekkan.

  1. Aspek pisikomotorik: a.) Persefsi: memilih,membedakan.

b.) Kesiapan: memulai,bereaksi.

c.) Gerakanterbimbing: mempraktekkan,memeinkan.

  1. Media pembelajaran konfensional .

Dalam CTL, pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada,artinya apa yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang sudah dipelajari.

  1. Critical incident (pengalaman penting)

Pengalaman penting ini meliputi langkah-langkah:

1)      sampaikan kepada siswa topic atau materi yang akan dipelajari

2)      tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan

  1. Prediction guide (tebak pelajaran)

1)      Tentukan topik yang akan disampaikan

2)      Bagi siswa kedalam kelompok-kelompok kecil

3)      Sampaikan materi pelajaran secara interaktif

  1. Sketsa membuka dan menutup pelajaran

MEMBUKA  PELAJARAN

Menarik perhatian siswa

Gayamengajar guru
Penggunaan alat Bantu pengajaran
Pola interaksi yang bervariasi

Menimbulkan motivasi

Disertai kehangatan dan keantusiasan
Menimbulkan rasa ingin tahu
Mengemukakan ide yang bertentangan
Memperhatikan minat siswa
Memberi acuan melalui berbagai usaha Mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas
Menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan
Meningkatkan masalah pokok yang akan dibahasa
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan

MENUTUP PELAJARAN

Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran dengan merangkum dan membuat ringkasan
Mengevaluasi, bentuk evaluasi yang adapat dilakukan guru Mendemonstrasikan keterampilan
Mengaplikasikan ide baru pada situasi lain
Mengeksplorasi pendapat siswa sendiri
Memberikan soal-soal tertulis
  1. Ringkasan makalah

MANAJEMEN KELAS

 

  1. Pengertian manajemen kelas

Diketahui bahwa setiap organisasi memiliki aktivitas-aktivitas pekerjaan tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi tersebut dan salah satu aktivitas tersebut adalah manajemen.

Dalam dunia pendidikan manajemen kelas itu dapat diartikan sebagai aktivitas proses belajar mengajar yang memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.

Suatu pandangan yang lebih bersifat umum dari pada pandangan di atas, dinyatakan bahwa manajemen kelas ialah proses mengintegrasikan sumber-sumber daya manusia (pelayan pendidikan) yang saling berhubungan serta menjadi sistem total untuk menyelesaikan suatu tujuan.

Dari uraian di atas yang dimaksud dengan sumber pendidikan di sini ialah mencakup orang-orang, alat-alat media, bahan-bahan, uang dan sarana semuanya itu akan diarahkan dan dikoordinasi agar terpusat dalam rangka menyelesaikan tujuan bersama.

  1. Tahapan manajamen kelas

Adabeberapa tahapan dalam memanajemen kelas,yaitu:

1)      Merumuskan kondisi kelas yang dikehendaki

2)      Menganalisis kondisikelas yang ada pada saat ini,

3)      Memilih dan menggunakan startegi manajerial,serta

4)      Menilai efektivitas manajerial.

 

  1. Apek-aspek manajemen kelas

Adabeberapa aspek dalam memanajemen kelas yaitu:

1)      Mengecek kehadiran siswa

2)      Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa

3)      Pendistribusian bahan dan alat

4)      Mengumpulkan Informasi dari siswa

5)      Mencatatan data

6)      Pemeliharaan arsip

7)      Menyampaikan materi pembelajaran

  1. Fungsi-fungsi manajemen kelas

Adabeberapa fungsi, yaitu:

1)      Planning (perencanaan)

2)      Organizing (pengorganisasian)

3)      Leadership (kepemimpinan)

4)      Controling (pengawasan)

5)      Directiyng (pengeturan)

6)      Coordinating (koordinasi)

7)      Communicating (komunikasi)

 

  1. Tujuan pengelolaan kelas

Adabeberapa tujuan, yaitu:

1)      Agar pengajaran dapat dilakukan secara maksimal sehingga tujuan tujuan pengajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

2)      Untuk memberi kemudahan dalam memantau kemajuan siswa dalam pelajarannya. Dengan pengelolaan kelas guru mudah melihat dan mengamati setiap kemajuan yang dicapai siswa dalam pelajarannya.

3)      Untuk memberi kemudahan dalam mengangkat masalah-masalah penting untuk dibicarakan di kelas untuk perbaikan pengajaran pada masa mendatang.

  1. Berbagai pendekatan dalam mengelola kelas

Adabeberapa pendekatan dalam pengelolaan kelas, yaitu:

1)      Pendekatan kekuasaan

2)      Pendekatan kebebasan

3)      Pendekatan keseimbangan peran

4)      Pendekatan pengajaran

5)      Pendekatan suasana emosi dan social

6)      Pendekatan kombinasi

About IRPAN HARAHAP

saya adalah seorang muslim yang berusaha menjadi insan yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: