RSS Feed

MANAJEMEN KELAS

a. Pengertian manajemen kelas
Diketahui bahwa setiap organisasi memiliki aktivitas-aktivitas pekerjaan tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi tersebut dan salah satu aktivitas tersebut adalah manajemen.
Dalam dunia pendidikan manajemen kelas itu dapat diartikan sebagai aktivitas proses belajar mengajar yang memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.
Suatu pandangan yang lebih bersifat umum dari pada pandangan di atas, dinyatakan bahwa manajemen kelas ialah proses mengintegrasikan sumber-sumber daya manusia (pelayan pendidikan) yang saling berhubungan serta menjadi sistem total untuk menyelesaikan suatu tujuan.
Dari uraian di atas yang dimaksud dengan sumber pendidikan di sini ialah mencakup orang-orang, alat-alat media, bahan-bahan, uang dan sarana semuanya itu akan diarahkan dan dikoordinasi agar terpusat dalam rangka menyelesaikan tujuan bersama.

b. Tahapan manajamen kelas
Ada beberapa tahapan dalam memanajemen kelas,yaitu:
1) Merumuskan kondisi kelas yang dikehendaki
2) Menganalisis kondisikelas yang ada pada saat ini,
3) Memilih dan menggunakan startegi manajerial,serta
4) Menilai efektivitas manajerial.

c. Apek-aspek manajemen kelas
Ada beberapa aspek dalam memanajemen kelas yaitu:
1) Mengecek kehadiran siswa
2) Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
3) Pendistribusian bahan dan alat
4) Mengumpulkan Informasi dari siswa
5) Mencatatan data
6) Pemeliharaan arsip
7) Menyampaikan materi pembelajaran

d. Fungsi-fungsi manajemen kelas
Ada beberapa fungsi, yaitu:
1) Planning (perencanaan)
2) Organizing (pengorganisasian)
3) Leadership (kepemimpinan)
4) Controling (pengawasan)
5) Directiyng (pengeturan)
6) Coordinating (koordinasi)
7) Communicating (komunikasi)

e. Tujuan pengelolaan kelas
Ada beberapa tujuan, yaitu:
1) Agar pengajaran dapat dilakukan secara maksimal sehingga tujuan tujuan pengajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
2) Untuk memberi kemudahan dalam memantau kemajuan siswa dalam pelajarannya. Dengan pengelolaan kelas guru mudah melihat dan mengamati setiap kemajuan yang dicapai siswa dalam pelajarannya.
3) Untuk memberi kemudahan dalam mengangkat masalah-masalah penting untuk dibicarakan di kelas untuk perbaikan pengajaran pada masa mendatang.

f. Berbagai pendekatan dalam mengelola kelas
Ada beberapa pendekatan dalam pengelolaan kelas, yaitu:
1) Pendekatan kekuasaan
2) Pendekatan kebebasan
3) Pendekatan keseimbangan peran
4) Pendekatan pengajaran
5) Pendekatan suasana emosi dan social
6) Pendekatan kombinasi

About IRPAN HARAHAP

saya adalah seorang muslim yang berusaha menjadi insan yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: